Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2019

Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia  (Kemendes PDTT RI), mengeluarkan Peraturan tentang perioritas penggunaan Dana Desa setiap Tahun anggaran berjalan.

Tujuannya ialah agar dapat dijadikan pedoman oleh kabupaten/kota dalam menyusun Petunjuk Teknis Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa atau dalam rangka sosialisasi sebelum proses perencanaan pembangunan desa dimulai, serta menjaddi bahan pertimbangan penyusunan dokumen perencanaan di Desa khususnya RKPDesa dan APBDesa tahun 2019 dan dapat dikembangkan secara kontekstual sesuai dengan keragaman Desa-Desa di Indonesia.

Sebagaimana dalam Peraturan Kemendes PDTT No. 16 Tahun 2018 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2019, dikatakan :

Pasal 2
Pengaturan prioritas penggunaan Dana Desa bertujuan untuk:
a. memberikan acuan bagi Pemerintah Pusat dalam pemantauan dan evaluasi penggunaan Dana Desa; 
b. memberikan acuan bagi Pemerintah Daerah Provinsi dalam memfasilitasi penggunaan Dana Desa melalui pendampingan masyarakat Desa; 
c. memberikan acuan bagi Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dalam membina dan memfasilitasi penggunaan Dana Desa; dan  
d. memberikan acuan bagi Desa dalam menyelenggarakan Kewenangan Hak Asal Usul dan Kewenangan Lokal Berskala Desa yang dibiayai Dana Desa.

Untuk lebih jelas tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2019, silahkan anda download disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *